Jumat, 13 November 2009

Struktur Anatomi Pelvic

Pelvic merupakan suatu tulang yang kaku, berperan sebagai rangkaian hubungan yang besar antara trunk dan extremitas inferior.
Setiap tulang pelvic dibentuk oleh 3 tulang : os ilium, ischium dan pubis.
Kedua tulang pelvic (kiri dan kanan) bersam-bung membentuk pelvic girdle.
Kedua tulang pelvic secara kuat melekat pada sacrum melalui sacroiliaca joint.


Sacrum diikat dengan kuat oleh 2 tulang iliaca dan ligamen sacroiliaca anterior, posterior dan ligamen sacroiliaca interosseus yang memper-kuat sacroiliaca joint.
Sacroiliaca joint juga diperkuat oleh ligamen iliolumbar, sacrotuberous, dan ligamen sacro-spinous serta bagian bawah oleh otot erector spine.
Karena perlekatannya, maka sacrum dianggap sebagai bagian dari pelvic girdle.




Gerakan Pelvic
Perubahan posisi pelvic sebenarnya dihasilkan oleh gerakan lumbal spine dan hip joint.
Gerakan pada lumbal spine dan hip joint dapat menghasilkan pelvic bergerak tilting ke depan, ke belakang, ke samping, dan rotasi secara ho-rizontal.
Gerakan yang terjadi pada pelvic terdiri dari : forward tilt (inklinasi meningkat), backward tilt (inklinasi menurun), lateral tilt, rotasi (lateral twist/memutar)

Forward Tilt
Forward tilt adalah gerakan pelvic pada bidang sagital disekitar axis frontal-horizontal sehing-ga symphisis pubis berputar kebawah dan per-mukaan posterior sacrum berputar keatas.
Dalam forward tilt, peningkatan sudut dibentuk oleh puncak os pubis dan peningkatan deviasi sacrum serta pelvis bagian posterior menjauh dari vertikal.

Backward tilt
Backward tilt adalah suatu gerak rotasi pelvis dalam bidang sagital sekitar axis frontal-horizontal sehingga symphisis pubis bergerak ke depan – atas dan permukaan posterior sacrum berputar sedikit ke bawah.
Dalam backward tilt, sudut dibentuk oleh pun-cak os pubis dan penurunan horizontal serta terjadi penurunan inklinasi horizontal sacrum dan posterior pelvis.

Lateral tilt
Lateral tilt adalah suatu gerak rotasi pelvis da-lam bidang frontal sekitar axis sagital-horizon-tal sehingga salah satu crista iliaca turun dan yang lainnya naik.
Pada lateral tilt ke kiri, crista iliaca sisi kiri akan turun dan sisi kanan akan naik

Rotasi (lateral twist)
Rotasi (lateral twist) adalah suatu gerak rotasi pelvis dalam bidang horizontal sekitar axis vertikal/longitudinal.
Dalam rotasi, pelvis bagian depan berputar ke arah belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar